-->

Tuesday, March 14, 2017

Area Apa Saja Yang Perlu Di Proteksi Oleh Burglar Alarm?

Efektifitas sistem burglar alarm sangat tergantung dari perancangan awal system. Salah satunya adalah area atau ruangan yang akan diproteksi. Menurut produsen sensor dari Jepang, OPTEX, ada 5 area yang harus diperhatikan. Apakah ke-5 area tersebut perlu diproteksi atau tidak sangat tergantung dengan lokasi pemasangan dan tentunya budget atau alokasi anggaran customer. 

Apa saja ke-5 area tersebut?
  1. Area Perimeter.
  2. Area Outdoor/Luar Ruangan Dekat Gedung.
  3. Area Atap Gedung.
  4. Gedung.
  5. Area Dalam Gedung.

Supaya lebih jelas bisa dilihat pada gambar di bawah.


Area Perimeter

Perimeter adalah batas terluar dari suatu area. Area perimeter rumah atau gedung di Indonesia biasanya berupa pagar atau tembok. Proteksi area perimeter idealnya dibagi menjadi 3 bagian, yaitu:

  1. Area Luar Perimeter (Di Luar Pagar).
  2. Pagarnya itu sendiri.
  3. Area Perimeter (Di Dalam Pagar).

Ke-3 area perimeter tersebut tidak harus diproteksi, cukup salah satu atau salah duanya saja. Selama ini pemasangan yang umum dilakukan adalah di pagar atau di dalam perimeter (di dalam pagar). Sensor yang biasa digunakan untuk keperluan proteksi area ini adalah Beam. Beam termasuk aktif Infra Read karena ada transmitter dan receiver. [auto generated script anaqi] Seiring dengan berkembangnya teknologi tidak hanya beam yang bisa digunakan tetapi ada juga yang menggunakan teknologi laser seperti produk ini OPTEX REDSCAN RLS-3060-L

Area Outdoor/Luar Ruangan Dekat Gudang

Area yang dimaksud contohnya adalah kebun di depan rumah, teras rumah, atau carport. Pemasangan sensor di area ini dimaksudkan untuk mencegah lebih jauh akses tak berizin atau maling mendekati tempat tinggal. Maling atau orang yang berniat jahat akan dapat diketahui keberadaannya sebelum sempat mendekati jendela atau pintu rumah.

Sensor yang bisa digunakan di area ini adalah PIR Outdoor, jangan gunakan PIR Indoor. Hal ini untuk menghindari tingkat false alarm yang tinggi. Saya pernah beberapa kali menemukan hal seperti ini. Contoh PIR Outdoor adalah OPTEX LX-402.

Area Atap Gedung

Biasanya maling masuk ke area ini melalui gang di belakang gedung/rumah (biasa di sebut Branghang). Walaupun tinggi akses ke atap gedung ini tidaklah sulit. Ada beberapa alternatif proteksi terhadap area ini. Bisa menggunakan beam ataupun PIR outddor. Selain LX-402, salah satu tipe sensor favorit untuk area ini adalah OPTEX VXI-ST atau OPTEX VXI-AM.

Gedung

Proteksi yang dimaksud adalah proteksi gedung/rumah itu sendiri. Biasanya jendela dan pintu. Banyak pilihan sensor untuk memproteksi jendela dan pintu ini, Sensor favorit karena harganya yang relatif murah adalah Door Contact atau Magnectic Contact (MC). Sensor tipe ini ditanam di kusen pintu atau jendela. Kusen yang terbuat dari kayu biasanya menggunakan MC berbahan plastik. Sedangkan untuk pintu atau jendela besi biasanya menggunakan MC berbahan logam.

    
Selain MC (Magnetic Contact), solusi lainnya adalah menggunakan sensor Outdoor PIR for perimeter building atau istilah lainnya PIR Curtain. Bisa dibaca lebih lanjut teknis pemasangan dan cara kerjanya di halaman OPTEX BX-80N.

Area Indoor (Dalam Gedung)

PIR Indoor adalah sensor yang sering digunakan di dalam ruangan. Sensor PIR Indoor biasanya diprogram dengan tipe zone interior. Tipe zone ini akan mem-bypass secara otomatis tatkala penghuni rumah tinggal mengaktifkan alarm menggunakan mode stay arming (arming di dalam rumah). Sehingga pergerakan pemilik rumah tidak akan menyebabkan sirine alarm berbunyi. OPTEX RX-40QZ adalah salah satu tipe PIR indoor yang sering digunakan.

  

Proteksi ke-5 area tersebut tidak mutlak harus terpenuhi semuanya. Selain disesuaikan dengan lokasi pemasangan, terkadang harus disesuaikan juga dengan alokasi budget anggaran customer. Pemilihan sensor dengan kualitas tinggi adalah suatu keharusan. Hal ini untuk meminimalisasi false alarm setelah pemasangan.

Sekian artikel kali ini. Jika ada pertanyaan silahkan isi kolom komentar. Atau telepon/whatsapp ke 087708518555 untuk pemasangan. Oiya satu lagi kalau pembaca memerlukan sensor silahkan kontak saya. Saya ada price khusus installer.

Wassalam, share jika dirasa bermanfaat!



NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner

-->